Pintu Kaca “Simple But Elegant”

Pintu kaca frameless adalah Jenis pintu kaca yang secara keseluruhan terdiri dari kaca tebal dan tanpa rangka (Frameless). Seluruh daun pintu adalah kaca, pintu kaca jenis ini umumnya digunakan oleh gedung perkantoran, ruko, rumah sakit, bank, dan pintu shower kamar mandi. Walau designnya terkesan sederhana, tapi pintu kaca framless mampu memberikan kesan elegan, mewah, dan modern.

IMG-20160202-WA0013

Jenis pintu kaca frameless terbagi menjadi dua jenis, yaitu frameless dan semi frameless. Untuk jenis Pintu kaca semi frameless menggunakan rangka aluminium pada bagian bawah dan atas pintu, pada sisi daun pintu pun biasanya diberikan rangka sebagai variasi untuk mempercantik tampilannya.

Ukuran tebal kaca yang digunakan pada jenis pintu kaca ini adalah 10 mm dan 12 mm, dengan jenis kaca tempered atau non tempered. Tapi lebih baik menggunakan jenis kaca tempered, sebab kekuatan kaca tempered 4-5 kali lebih kuat dari kaca biasa dengan tebal yang sama. Selain kekuatan, kaca tempered juga memiliki tingkat keamanan/safety yang lebih baik, apalagi pintu ini berada di public area.

Untuk pintu kaca semi frameless biasa menggunakan kaca non tempered, meskipun tetap lebih baik menggunakan kaca tempered. Hanya saja jika budget terbatas bisa diakali dengan menggunakan kaca non tempered yang kemudian dilapisi stiker es untuk meningkatkan segi keamanan serta mempercantik tampilan.

Hardware apa saja yang diperlukan untuk memasang pintu kaca?Floor Hierupakan komponen yang sangat penting dari hardware pintu frameless, sebagai engsel yang tertanam dalam lantai dan berfungsi untuk buka tutup pintu tanpa menimbulkan risiko kerusakan untuk pintu kaca. Selain itu dalam komponen floor hinges terdapat mekanisme pegas yang membuat pintu tetap stabil dan tidak terayun berlebihan, jika didorong atau ditarik tidak terlalu berat setelah itu perlahan-lahan bisa menutup sendiri. Ada juga fungsi hold open untuk menahan pintu selalu terbuka secara penuh. 

-> Floor Hinge

FH 4998 - 2
FH 5200
FH 5003

Merupakan komponen yang sangat penting dari hardware pintu frameless, sebagai engsel yang tertanam dalam lantai dan berfungsi untuk buka tutup pintu tanpa menimbulkan risiko kerusakan untuk pintu kaca. Selain itu dalam komponen floor hinges terdapat mekanisme pegas yang membuat pintu tetap stabil dan tidak terayun berlebihan, jika didorong atau ditarik tidak terlalu berat setelah itu perlahan-lahan bisa menutup sendiri. Ada juga fungsi hold open untuk menahan pintu selalu terbuka secara penuh.Keunggulan menggunakan floor hinges antara lain adalah mampu menahan beban pintu yang berat (bahkan ada tipe yang bisa menahan beban lebih dari 180 kg), pintu dapat dibuka 180’ atau pintu bisa dibuka tutup dengan didorong dan ditarik, penggunaan floor hinges membuat pintu tampak semakin mewah dan elegan. Kekurangannya mungkin hanya pada harganya yang cukup tinggi untuk merek yang berkualitas baik.Sangat penting untuk memperhatikan ukuran pintu kaca untuk menentukan beban pintu yang dapat dipikul oleh floor hinges karena floor hinges tersedia untuk beban ringan, sedang, dan berat tergantung juga dari merek dan kualitas floor hinges yang dipilih.-> Patch Fitting

PF 2019

Satu set patch fitting set, bisa terdiri dari bottom patch fitting, top patch fitting, top pin, overpanel pivot patch fitting, overpanel, bottom / top patch lock , cylinder. Penggunaan komponen patch fitting menyesuaikan dengan jenis pintunya misalnya apakah perlu kunci atau tidak, pintu kaca frameless berbatasan dengan dinding biasa atau partisi kaca, karena masing-masing jenis pintu akan membutuhkan komponen patch fitting yang tidak sama. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar beberapa jenis pintu frameless di bawah ini.

pintu kaca frameless 1